Jumat, 29 Januari 2010

Zaman Kuarter (Zaman Keempat) Pada Zaman Neozoikum

Zaman Kuarter (Zaman Keempat) Pada Zaman Neozoikum

Zaman ini yang dimulai sejak sekitar 18.000.000 tahun yang lalu. Zaman Kuarter terdiri dari kala Plistosen dan Kala Holosen. Kala Plistosen mulai sekitar 1,8 juta tahun yang lalu dan berakhir pada 10.000 tahun yang lalu. Kemudian diikuti oleh Kala Holosen yang berlangsung sampai sekarang.

a) Kala Pleistosen(Diluvium)
Kala Plistosen, yang artinya sebagian besar (pleistos) kehidupan sama dengan yang hidup sekarang. Kala ini berlangsung sejak 1,8 hingga 0,01 juta tahun lalu. Fosil kala ini paling banyak diperagakan, yang antara lain: fosil gajah (Stegodon trigonocephalus MARTIN), kerbau (Bulbalus palaeokerabau FALCONER) dari Bumiayu (Banyumas); banteng (Bibos sp.) dari Rembang dan harimau (Felis sp.) dari Watualang (Ngawi) yang berbentuk fragmen; serta fosil manusia purba Homo erectus dari Sangiran (Solo). pada zaman ini terjadi empat kali zaman es atau zaman glasial. Di permulaan zaman kwarter, muncul zaman es pertama suhu bumi menurun dan gletser menutupi sebagian besar daratan Asia, akibatnya banyak air laut yang terambil, permukaan laut menjadi turun. Sebagian laut Jawa kering dan timbullah Paparan Sunda yang menghubungkan benua Asia, Malaya, Sumatera, Kalimantan dan Jawa.Iklim cikal bakal kerajaan Banjar saat itu adalah tropis, dengan musim kering menimbulkan padang-padang rumput dan jenis-jenis burung yang berpindah dari daratan Asia. Musim kering ini disusul musim hujan yang membawa akibat munculnya hutan-hutan lebat di benua Kalimantan.
Hujan lebat di masa pluvial menyebabkan banyaknya muncul sungai-sungai. Walaupun Paparan Sunda ini kemudian tenggelam kembali, tetapi sungai-sungai di daerah Kahayan, Barito, Sampit, sungai-sungai di Lampung, sungai-sungai di Jawa bagian utara adalah cabang sungai besar di Laut Jawa yang bermuara di sebelah utara Bali dulunya.
Melalui periode glasial I dengan timbulnya Paparan Sunda menjadi jembatan yang memungkinkan terjadinya migrasi manusia dan hewan dari daratan Asia ke banua Banjar.
Zaman permulaan plestosin tengah berjalan seiring dengan glasiasi kedua daratan Asia, permukaan air laut turun sedalam 125 meter; sehingga Paparan Sunda mencapai luas wilayah yang sangat besar dan sekali lagi Jawa, Kalimantan dan Sumatera bersatu dengan daratan Malaya dan Asia, kembali terjadi migrasi berbagai macam hewan yang akhirnya dikenal dengan istilah fauna Sino Malayu, selain migrasi manusia tentunya. Setelah ribuan tahun berjalan es menghilang lagi dan lautan kembali memisahkan pulau-pulau ini.
Setelah itu daratan ini akan mengalami dua kali lagi zaman glasial, sampai keadaan seperti sekarang.
Ciri – ciri kala pleitosen:
1. Berlangsung sekitar 18.000.000 tahun yang lalu.
2. Mulai muncul kehidupan.
3. Silih bergantinya zaman Glasial dan Interglasial.
Zaman glasial adalah zaman meluasnya lapisan es di kutub utara dan daerah yang jauh dari kutub mengalami hujan lebat. Permukaan air laut turun dan naiknya daratan.
Zaman Interglasial adalah zaman zaman antara zaman glasial. Temperatur naik sehingga lapisan di kutub utara mencair.
4. Hanya hewan berbulu tebal yang mampu bertahan dan hewan berbulu tipis pindah ke daerah tropis.
5. Terjadi perpindahan manusia purba dari Asia ke Indonesia.

b) Kala Holosen
Holosen adalah kala dalam skala waktu geologi yang berlangsung mulai sekitar 10.000 tahun radiokarbon, atau kurang lebih 11.430 ± 130 tahun kalender yang lalu (antara 9560 hingga 9300 SM). Holosen adalah kala keempat dan terakhir dari periode Neozoikum. Namanya berasal dari bahasa Yunani ὅλος ("holos") yang berarti keseluruhan dan καινή ("kai-ne") yang berarti baru atau terakhir. Kala ini kadang disebut juga sebagai "Kala Alluvium". Kala Holosen atau alluvium, yaitu kala manusia merajai dunia, yang baru mulai 0,01 juta (10 ribu) tahun silam. Dari kala ini diperagakan sejarah budaya manusia Zaman Paleolitikum (Zaman Batu purba) sampai Zaman Neolitikum (Zaman Batu baru) yang ditemukan di Punung (Pacitan, Jawa Timur) dan Dago (Bandung, Jawa Barat).
Ciri – ciri kala holosen:
1. Sebagian besar es di kutub lenyap dan permukaan air laut naik.
2. Daerah-daerah dataran rendah tergenang air dan menjadi laut transgresi dan munculah pulau-pulau di Nusantara.
3. Hewan-hewan besar seperti mastodon, mammoth, sabre-tooth, glyptodon, badak berbulu, dan giant sloth mulai menghilang.

5 komentar: